jawaban ujian tik soal essay

 

  1. Apakah tujuan kamu mempelajari Analisis Data?
  2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak
    sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis?
  3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu!
  4. Apa yang dimaksud dengan Pivot table?
  5. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS?
  6. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data?
  7. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8?
  8. Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel?
  9. Apa yang dimaksud dengan pencarian data?
  10. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data?
  11. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data?
  12. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup ?
  13. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan
    index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya?
  14. Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian
    dalam meringkas data?
  15. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih
    sulit digunakan?
  16. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam
    penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan!
  17. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini?
  18. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara
    unplugged (tanpa komputer)?
  19. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel!
  20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan
    pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini?
1.untuk menjelaskan suatu data agar lebih mudah dipahami, selanjutnya dibuat sebuah kesimpulan
2.menetapkan pertanyaan,mengumpulkan data , analisis data 
3.Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num). Sedangkan fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilk
an data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal.
cara yang interaktif untuk meringkas sejumlah besar data dengan cepat.
4.PivotTable merupakan cara yang interaktif untuk meringkas sejumlah besar data dengan cepat.
5.COUNTIFS menerapkan kriteria ke sel dalam berbagai rentang dan menghitung berapa kali semua kriteria dipenuhi. SUMIFS menambahkan sel dalam rentang yang memenuhi beberapa kriteria.
6.Data ringkasan berarti catatan ringkasan baru dibuat untuk menyimpan nilai agregat untuk total dalam kolom.
7.Dapat dipakai untuk memberikan solusi terhadap suatu masalah yang terjadi selama bisnis berjalan
8.

Membuat grafik di Excel

1. Pilih data

Adapun langkah pertama adalah memilih data yang ingin dijadikan bentuk grafik. Biasanya kamu dapat memilih bagian dari tabel yang ingin dijadikan grafik. Misalnya pada contoh gambar di bawah, terdapat data pemasukan selamat setengah tahun pertama. Jika kamu ingin memasukkan seluruh data kamu tinggal memblok semuanya. Namun, jika kamu hanya ingin data tertentu kamu bisa memilih tabel dan kolom yang diinginkan.

pilih-data

2. Pilih Insert pada menu bar

Setelah memilih data yang diinginkan, pilihlah insert yang ada di menu bar pada bagian kiri atas. Nantinya kamu akan melihat ikon dari beberapa jenis grafik. Jika kamu ingin melihat jenis grafik secara jelas, kamu dapat memilih Recommended Charts

pilih-insert-pada-menu-bar

3. Pilih jenis grafik yang diinginkan

Jika kamu memilih Recommended Charts nantinya akan muncul halaman pop-up dengan berbagai pilihan grafik. Untuk melihat pilihan grafik secara lengkap kamu dapat memilih All Charts. Selanjutnya akan muncul semua jenis grafik yang ada di Ms Excel yang bisa kamu pilih. 

pilih-grafik

Selain itu, kamu juga bisa memilih berbagai macam bentuk atau style dari masing-masing jenis grafik. Bisa kamu lihat pada contoh gambar di atas, terdapat berbagai style dari jenis column.

4. Atur posisi grafik ke dalam worksheet

Setelah kamu memilih grafik yang cocok, nantinya grafik akan muncul secara otomatis pada worksheet. Namun, agar tabel datamu tidak terganggu, kamu perlu mengatur posisi dan juga ukurannya. Adapun langkah yang perlu kamu lakukan adalah mengarahkan kursor ke bagian grafik, kemudian klik dan geser. Sedangkan untuk mengubah ukuran grafik kamu bisa mengarahkan kursor pada bagian sudut grafik dan menariknya.

posisi-ukuran-grafik

5. Ubah judul grafik

Selanjutnya kamu juga bisa mengubah nama atau judul dari grafik dengan mengklik bagian tulisan yang ada di bagian atas grafik.

nama-grafik

Baca juga: 20 Rumus Microsoft Excel yang Dapat Membantumu di Dunia Kerja

Mengubah bentuk dan value pada grafik

Selain memasukkan grafik ke dalam worksheet, terkadang bagi beberapa orang merasa ada bagian yang kurang pada grafik yang telah dibuat sebelumnya. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mengubah, menambah, atau mengurangi bagian-bagian yang ada pada grafik, berikut beberapa caranya.

1. Menambah elemen pada grafik

Elemen merupakan bagian-bagian yang dapat membuat grafik kamu menjadi lebih detail seperti, garis bantu, angka pada setiap bar, dan lainnya. Untuk menambah atau mengurangi elemen ini, kamu cukup mengklik grafik dan secara otomatis akan muncul icon (+) di bagian samping kanan. Nantinya kamu tinggal menceklis elemen yang ingin dimasukkan atau dihilangkan. 

element

 

2. Mengubah style dan warna grafik

Adapun cara untuk mengubah bentuk tampilan grafik tidak jauh berbeda dengan menambah elemen. Kamu tinggal mengklik ikon kuas pada bagian samping grafik. Nantinya akan muncul berbagai bentuk grafik pada pilihan style dan pilihan tema warna pada pilihan color.

tampilan-tema

3. Mengedit value grafik

Selain Mengubah tema, kamu juga bisa mengedit value atau nilai-nilai yang ada pada grafik. Dengan mengklik ikon filter yang ada di samping grafik, kamu bisa untuk menambah atau menghilangkan value.  Contohnya kamu dapat melihat gambar di bawah. Pada grafik, kamu bisa melihat beberapa value seperti series yang merupakan nama bulan dan categories untuk value pemasukan per minggu. Misalnya dengan menghilangkan ceklis pada 'Pemasukan Minggu 3', maka bar dan value 'Minggu 3' akan hilang pada grafik. 

9.proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang diperlukan secepat mungkin.
10.Apakah yang dimaksud data visualisasi?
Visualisasi data (data visualization) merupakan rangkaian proses yang akan dilakukan setiap data analis untuk menampilkan data atau informasi dalam bentuk yang agar mudah dipahami oleh orang awam, seperti grafik, angka dan lain sebagainya. Menggunakan data visual memberikan banyak sekali manfaat
11. proses mengumpulkan data penelitian dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan oleh banyak pemangku kepentingan
12. salah satu fungsi pencarian dan referensi yang digunakan untuk mencari dan menampilkan data dari suatu baris atau kolom referensi berdasarkan nilai tertentu
13.Fungsi MATCH digunakan untuk mencari posisi sebuah nilai dalam sebuah range.
Syntax: MATCH(lookup_value, lookup_array, [match_type])
  • lookup_value adalah nilai yang akan dicari dalam sebuah range
  • lookup_array adalah range yang berisikan data yang akan dicari
  • match_type berisikan -1, 0 atau 1.
    -1 akan mengembalikan nilai terkecil yang lebih besar atau sama dengan lookup_value, data harus diurutkan secara descending(besar ke kecil)
    0 akan mengembalikan nilai yang benar-benar sama, jika tidak ada akan mengembalikan #N/A
    1 akan mengembalikan nilai terbesar yang lebih kecil atau sama dengan lookup_value, data harus diurutkan secara ascending (kecil ke besar)
Misal ada data seperti gambar dibawah, bagaimanakan rumus excel untuk mengetahui posisi angka 99?
Letakkan kursor dicell E3, kemudian ketikkan formula berikut:
=MATCH(99,A1:A10,0)
Excel 2007 Fungsi Lookup dan Reference
Hasilnya angka 99 ada dibaris ke-7 dari range A1:A10
Tips dan Trik yang menggunakan Fungsi MATCH

Fungsi INDEX

Fungsi INDEX digunakan untuk mencari tahu nilai atau referensi sebuah cell dengan memasukkan informasi nomor baris dan kolom
Syntax: INDEX(array,row_num,column_num)
  • array adalah range yang berisikan data
  • row_num adalah nomor baris dari array
  • column_num adalah nomor kolom dari array
Gambar dibawah adalah contoh penggunaan fungsi INDEX yang menghasilkan sebuah nilai
Excel 2007 Fungsi Lookup dan Reference
Gambar dibawah adalah contoh penggunaan fungsi index yang menghasilkan cell reference.
Excel 2007 Fungsi Lookup dan Reference
Fungsi INDEX(A1:C10,1,3) pada contoh pertama menghasilkan sebuah nilai yaitu angka 21, sedangkan pada contoh kedua menghasilkan sebuah cell reference yaitu C1, sehingga formula SUM(A1:INDEX(A1:C10,1,3)) sama dengan formula SUM(A1:C1).
14. ya
15.
Tips dan Trik yang menggunakan fungsi INDEX

Fungsi CHOOSE

Fungsi CHOOSE digunakan untuk mencari sebuah nilai dalam sebuah list berdasarkan posisi yang diberikan.
Syntax: CHOOSE(index_num,value1,value2,…)
Jika index_num bernilai 1 maka akan menghasilkan value1, jika bernilai 2 akan menghasilkan value2 dan seterusnya. Index_num berisikan angka antara 1-254, sedangkan jumlah value yang mungkin untuk digunakan adalah 254.
Formula dibawah
=CHOOSE(3,10,20,35,40,50)
akan menghasilkan nilai 35.
16. countif
17.ya
18. waktu dan penulisanya 
19.A PivotTable is an interactive way to quickly summarize large amounts of data. You can use a PivotTable to analyze numerical data in detail, and answer unanticipated questions about your data. A PivotTable is especially designed for: Querying large amounts of data in many user-friendly ways.
20. sudah

Comments

Popular posts from this blog

jawaban 10 soal essay

RANGKUMAN BAB 6 ANALISIS DATA

RANGKUMAN BAB 3