jawaban 10 soal essay

 1.Informatika adalah studi tentang perilaku dan struktur sistem apa pun yang menghasilkan, menyimpan, memproses dan kemudian menyajikan informasi berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Technopedia.


Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, pada dasarnya ini adalah ilmu informasi. Bidang ini mempertimbangkan interaksi antara information system dan user, serta pembangunan antarmuka antara keduanya, seperti antarmuka pengguna.

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan informatics? Berarti informatika dalam bahasa Indonesia, informatics adalah segala hal yang mencakup struktur, sifat, dan juga hubungan dari beberapa sistem yang dipakai dalam mengumpulkan data, memproses dan menyimpan output pemrosesan data, serta menampilkannya didalam bentuk Informasi.


Sedangkan bidang ilmu yang termasuk dalam bidang informatika mencakup beberapa macam bidang termasuk:


Ilmu komputer

Ilmu informasi

Sistem informasi

Teknik komputer

Program atau aplikasi informasi (yang terdapat dalam sistem informasi manajemen


Aspek dari informatika sebenarnya lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, kerena masih banyak informasi yang tidak dapat serta juga belum bisa diproses dengan perangkat komputer yang dapat dimasukkan ke dalam aspek informatics atau informatika ini

Informatika memiliki konsep dasar, teori, dan software development (perkembangan perangkat lunak) mereka tersendiri. Ini dapat mendukung hal yang berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk mengenai dampak serta akibat sosial dari teknologi informasi yang ada pada umumnya.


Penggunaan informasi yang ada di dalam beberapa bidang lainnya, sebagai contoh misalnya seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan merupakan beberapa contoh yang lain oleh bidang informatika.

Menurut Philippe Dreyfus dan l`Academie Francaise, dalam pendefinisian kata informatika, atau informatics adalah kumpulan disiplin ilmu (scientific discipline) dan disiplin teknik (engineering discipline) dimana secara khusus mereka menyangkut transformasi atau pengolahan oleh “fakta simbolik” (data atau informasi), yang terutama menggunakan fasilitas mesin-mesin otomatis seperti komputer.

Membahas tentang informatika, tentu saja adalah merupakan hal yang penting untuk Anda dalam mengetahui sejarah informatika itu sendiri bukan? Ya! Istilah informatika pertama kali diciptakan oleh seseorang ilmuwan perangkat komputer jerman yang bernama Karl Steinbuch pada tahun 1957 melalui makalahnya yang diterbitkan berjudul: Kata “informatika” lalu digunakan secara bergantian dengan kala ilmu komputer, karena dari asal kata jermannya sendiri yaitu “informatik atau die informatik” umumnya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai ilmu komputer atau komputasi.


2.

1. Pengelolaan kegiatan keseharian


2.Komunikasi dan hubungan sosial


3.Pencarian informasi dan berbagi informasi


4.Hiburan


5.Pendidikan


3.

1.Penyebaran informasi yang salah


2.Kecanduan internet dan game


3.Cyberbullying


4.Berkurangnya aktivitas sosial


5.Berkurangnya aktivitas fisik


4.

Analisis Kebutuhan Pembuatan Program


Saat hendak membuat program maka Anda tentunya harus mengetahui kebutuhan apa yang dibutuhkan saat ini. Kemampuan Anda dalam menganalisa akan diasah setajam mungkin pada tahap ini. Setelah mengetahui kebutuhan akan sebuah program tertentu. Maka tentunya perlu Anda pikirkan mengenai apa saja komponen atau masukan data yang diperlukan sehingga nantinya bisa menghasilkan sebuah output yang diinginkan.


Rencana Desain Sistem


Setelah Anda menganalisa kebutuhan akan sebuah program, maka Anda perlu mendesain proses yang menerangkan bagaimana nantinya program tersebut bisa menyelesaikan masalah dan memenuhi kebutuhan yang ada. Pada dasarnya Anda bisa saja langsung melakukan coding  dan tidak membuat rencana desain sistem namun jika terjadi kesalahan yang tidak diinginkan pada hasil program tersebut, Anda harus melakukan coding ulang dari awal yang tentunya hanya akan membuang-buang waktu saja. Sebaliknya Anda bisa membuat flowchart atau algoritma  tentang rencana desain sistem tersebut. Flowchart biasanya berupa symbol-simbol sedangkan algoritma bisa berupa keterangan-keterangan yang Anda buat secara manual sesuai dengan yang Anda inginkan.


Implementasi Program Atau Coding

Setelah Anda merencanakan desain sistem dengan membuat flowchart atau algoritma maka tibalah saatnya Anda untuk melakukan coding atau implementasi program. Pada tahap ini juga termasuk juga kegiatan untuk melakukan testing dan melakukan perbaikan pada error yang Anda temukan. Karena biasanya pasti ada beberapa error yang terjadi setelah Anda melakukan coding. Sebab proses coding merupakan proses yang rumit dan dibutuhkan ketelitian untuk melakukannya.


Dokumentasi


Anda sebaiknya juga membuat semacam dokumentasi untuk mengarsipkan  program-program yang pernah Anda buat. Pendataan itu sangat penting terutama jika Anda sudah membuat banyak sekali program.  Mana tau kelak Anda membutuhkan catatan atau code program lama untuk Anda pergunakan kembali dalam mengembangkan program yang baru. Jika Anda tidak memiliki dokumen atau catatan mengenai program-program yang sudah pernah dibuat sebelumnya maka Anda sendiri yang kelak akan kerepotan saat membutuhkan code program tertentu.


Menguji Program


Pada tahapan ini maka Anda akan menguji program yang sudah selesai Anda buat, pada tahapan ini Anda akan menguji setiap modul yang ada, kemudian melakukan input data serta melihat bagaimana program akan menyelesaikan masalah yang ada. Jangan lupa juga untuk melakukan pengujian program pada berbagai situasi yang mungkin terjadi pada saat penggunaannya kelak.


Pengembangan Program


Pada tahap ini berkaitan dengan pengembangan program berupa update fitur hingga menghilangkan bug yang muncul. Jika program tersebut berhasil biasanya ke depannya pasti akan terus ada pembaruan-pembaruan pada modulnya untuk membuat program tersebut menjadi program yang lebih fungsional bagi para penggunanya.


5.Dilansir dari BBC, computational thinking adalah kemampuan yang memungkinkanmu untuk menganalisis masalah kompleks, memahami apa masalahnya, dan mengembangkan solusi yang tepat.


Kamu kemudian dapat menyajikan solusi ini dengan cara yang dapat dipahami oleh komputer, manusia, atau keduanya.


Secara konsep, terdapat empat pilar dalam computational thinking.


Dekomposisi, yaitu memecahkan masalah atau sistem kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih mudah diatur.

Pengenalan pola dengan mencari persamaan di antara dan di dalam masalah.

Abstraksi yang berfokus pada informasi penting saja, mengabaikan detail yang tidak relevan.

Algoritma, yaitu mengembangkan solusi langkah demi langkah untuk masalah tersebut, atau aturan yang harus diikuti untuk menyelesaikan masalah.

Aturan dalam pilar ini umum digunakan dalam program komputer. Namun, computational thinking sebenarnya tidak berhubungan dengan pemograman komputer.


Sederhananya, pemrograman memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya.


Computational thinking memungkinkanmu untuk mengetahui dengan tepat apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan masalah seperti halnya komputer.

Dilansir dari BCS, computational thinking tetap diperlukan meski pekerjaanmu sama sekali tidak berhubungan dengan pemograman komputer.


Computational thinking dapat diterapkan hampir di setiap sektor, industri.


Misal dari produk konsumen, bisnis dan pasar keuangan, energi, pariwisata, atau layanan publik seperti perawatan kesehatan, pendidikan serta hukum dan ketertiban.


Skill ini juga dapat diterapkan pada lini apa pun dari bisnis komersial atau layanan publik. Perencanaan dan peramalan didasarkan pada pola generalisasi atau abstraksi.


Contohnya, merancang user story mapping untuk situs e-commerce akan melibatkan kemampuan untuk memecahkan masalah menjadi bagian-bagian kecil menggunakan teknik dekomposisi.


Kemudian menyusun urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah menggunakan pemikiran algoritmis.


Bahkan, jika kamu tidak berada dalam posisi untuk membuat solusi menggunakan bahasa pemrograman dan komputer, kamu dapat memahami dan memikirkan masalah bisnis dengan menggunakan konsep-konsep computational thinking.

Untuk mengembangkan kemampuan computational thinking, ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu jalankan ketika menghadapi masalah menurut Towards Data Science.


1. Spesifikasi masalah

Ketika menghadapi masalah, mulailah dengan menganalisisnya, menjabarkan dengan tepat, dan menetapkan kriteria solusinya.


Pendekatan computational thinking untuk suatu solusi sering kali dimulai dengan memecah masalah kompleks menjadi sub-masalah yang lebih mudah dikelola.


Kamu juga bisa menggunakan pendekatan abstraksi dan pengenalan pola. Biasanya, teknik ini digunakan dalam membuat model dan simulasi.


2. Pemikiran yang sistematis

Setelah mengelompokkan masalah sesuai spesifikasi, selanjutnya yang perlu kamu lakukan ketika menggunakan computational thinking adalah menemukan “algoritme”.


Algoritme yang dimaksud adalah urutan langkah yang tepat untuk memecahkan masalah menggunakan representasi data yang sesuai.


Proses ini menggunakan pemikiran induktif dan diperlukan untuk mentransfer masalah tertentu ke kelas yang lebih besar dari masalah serupa.


Langkah ini terkadang juga disebut pemikiran algoritmis.


Kamu selanjutnya dapat memecahnya menjadi pendekatan imperatif, seperti prosedural atau modular, dan deklaratif, seperti fungsional, untuk solusi algoritmis.


6.Mengapa Computational thinking sangat cocok di berikan sejak dini?

Computational Thinking sepertinya sangat bagus diberikan sejak dini misalnya pada pendidikan dasar, hal ini diharapkan menjadi bekal mereka nantinya untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi.


7.

1. Menambah Teman


Media Sosial bisa dijadikan sebagai tempat untuk memperluas jaringan pertemanan kita.


2. Tempat Berkomunikasi


Media Sosial bisa dijadikan sebagai tempat untuk berkomunikasi di mana pun dan kapan pun.


3. Tempat Berbagi


Media Sosial bisa dijadikan sebagai tempat berbagi, baik itu berbagi curhat, curahan hati, berbagi cerita, maupun berbagi pengetahuan.


4. Berpengetahuan Luas


Tanpa sadar sosmed membuat kita semakin cerdas, semakin banyak informasi yang di dapat, semakin luas juga pengetahuan kita.


5. Tempat Beropini (Berpendapat)


Jika secara face to face, mungkin Anda merasa malu, takut, dan grogi untuk menyampaikan opini. Namun di media sosial, kita bebas menyampaikan segala pendapat kita tanpa perlu berhadapan secara langsung.


6. Menjadi Diri Sendiri


Mungkin di dunia nyata, Anda lelah menjadi seseorang yang bukan diri sendiri, nah di media sosial, Anda bisa dengan bebas menjadi apapun yang Anda sukai, bahkan menjadi diri sendiri.


Nah itulah beberapa manfaat baik adanya media sosial. Namun kita harus paham, jika ada manfaat baik pasti ada juga manfaat buruk yang di timbulkan media sosial, antara lain.


8.Hoaks adalah informasi yang belum tentu benar dan disampaikan ke publik, tapi pelakunya tidak harus dipidana (kasuistis)


9.

1.   Buka https://www.google.com/drive/

Kemudian klik tombol “Go to Drive”

2.   Selanjutnya klik New

3. klik upload file

4.   File akan diloading untuk upload, tunggu sampai selesai

5.      Setelah proses menggungah sudah selesai, kemudian kita klik link share

6.      Klik Advanced

7.      Pilih On – Publick on the Web, kemudian “Save”

8.      Klik “Done”

9.       Klik kanan file PowerPoint tadi kemudian buka dengan google silde

Pada menu File klik sub menu publikasikan di web

10.  Pada menu File klik sub menu “Publish to the web”

11.  Mengatur besaran tampilan, kemudian klik “Publish”


12.  Langkah yang terkahir kita salin dan pastekan kode iframe tadi pada kolom html bukan compose

13.  Pertama sobat masuk ke Menu template => Edit HTML , kemudian pasang css ini diatas kode </style>

.ppt{text-align:center;background:linear-gradient(to bottom,#fefefe 0%,#d1d1d1 100%);border:1px solid #A8A8A8;border-radius:5px;margin:20px auto;width:80%;box-shadow:1px 30px 30px -26px #818181} .ppt-responsive{position:relative;padding-bottom:56.25%;height:0;overflow:hidden;margin:8px} .ppt-responsive iframe{position:absolute;top:0;left:0;width:100%;height:100%;border:0}


14.  Simpan template dan sekarang kita masuk ke bagian postingan blog


15.  Masukan kode dibawah ini pada kolom html bukan compose  ( 11 diatas ) 

<div class="ppt">

<div class="ppt-responsive">

<div class="ppt-youtube loader">

Dst...dst ...

</div>

</div>

</div>

16.  Yang terkahir ganti kode dst - dst dengan kode iframe dari google slide tadi, sehingga kodenya berubah seperti ini 

<div class="ppt">


<div class="ppt-responsive">


<div class="ppt-youtube loader">


<iframe src="https://docs.google.com/presentation/d/e/2PACX-1vR_TA2rdn7LqMA5ydiifzrbB-0nkgoD53EFTIJNw1wH7EUQWNFalRr_VLJQcUeTyLkljj8hK69eCBOA/embed?start=true&loop=true&delayms=3000" frameborder="0" width="816" height="1085" allowfullscreen="true" mozallowfullscreen="true" webkitallowfullscreen="true"></iframe>

</div>


</div>



</div>



Selamat Mencoba


10.Sukanya adalah apabila anda mempunyai passion di pelajaran ini ya selamat, saya bilang 75% masa depan anda akan 'aman'. Karena di jaman serba teknologi sekarang ini pekerjaan di bidang informatika sangatlah melimpah dan terus dibutuhkan. Pintar2 anda sendiri sebagai siswa mempersiapkan segala yang dibutuhkan ketika lulus nanti. TI adalah sebagai tools atau enabler proses bisnis yang bisa diaplikasikan di hampir semua bidang.

sekian terima kasih

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

jawaban ujian tik soal essay

RANGKUMAN BAB 6 ANALISIS DATA